PLTD Apung dan Taman Edukasi Tsunami

PLTD Apung I  adalah kapal pembangkit listrik seberat 2.600 ton dan luas 1.600 m2 milik PT. PLN (persero) yang ditambatkan di pelabuhan Ulee Lheue sejak tahun 2003 untuk membantu suplai arus listrik bagi masyarakat di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Sebelumnya, kapal generator listrik berkapasitas 10 megawatt tersebut berlabuh di berbagai tempat dan terakhir bertugas di Kalimantan Barat. Dengan kekuatan listrik yang dihasilkan sebesar 10,5 MW tak heran kapal ini sangat penting peranannya bagi masyarakat Aceh apalagi ketika kecamuk konflik melanda Aceh arus listrik sering terganggu, keberadaan kapal ini cukup membantu.

Pada peristiwa Tsunami 26 Desember 2004 kapal tersebut terdorong ke daratan lebih kurang 3 km dan terdampar ditengah Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru. Saat tsunami menerjang di atas kapalnya ada 11 ABK tetapi dari 11 orang hanya 1 ABK yang selamat. 1 ABK yang selamat karena tetap berada di atas kapal ketika tongkang itu terbawa ombak ke daratan. Ketika air surut, ABK yang lain turun dari kapal dan hanya seorang yang tidak turun. Nah, saat air laut mulai naik kembali, 10 ABK justru terkena air bah tsunami, sementara hanya 1 ABK yang tetap di atas kapal-lah yang beruntung selamat.  Saat ini PLTD Apung tersebut telah dijadikan dijadikan monumen oleh Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai situs sejarah Tsunami.

Begitu menaiki kapal ini, kita akan menemukan jangkar kapal dan juga telepon (bentuknya seperti telepon umum) yang tak berfungsi lagi. Selain itu terdapat sebuah jangkar kapal raksasa, dan alat kemudi kapal.

Lalu, di bagian paling atas kapal, ada sebuah cerobong asap yang besar, beberapa bangku yang terbuat dari besi, dan beberapa tangki.  Juga dari atas tampak tugu peringatan  nama-nama para syuhada warga Punge Blang Cut yang meninggal dalam tsunami. Hanya berjarak lebih kurang 30 meter dari PLTD Apung terdapat Taman Edukasi Tsunami (Tsunami Education Park) yang .diresmikan pada hari Rabu 30 April 2008. Taman yang dipersembahkan oleh PT. BMW Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri ini diperuntukkan bagi masyarakat Aceh sebagai Taman pendidikan dan pembelajaran mengenai tsunami bagi generasi anak cucu sebagai sejarah kejadian nyata yang dialami oleh masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam 26 Desember 2004 yang lalu.

Taman Edukasi Tsunami diserahkan oleh Pimpinan PT. BMW Indonesia kepada Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam (Bpk. Irwandi Yusuf) dan seterusnya Taman ini akan dikelola oleh Pemerintah Kota Banda Aceh yang diterima oleh Wakil Walikota Banda Aceh (Ibu. Illiza).  Dalam taman seluas 4500 m2 ini terdapat jenis pohon-pohon langka yang pernah tumbuh di Aceh dan telah hilang ditebas gelombang tsunami, seperti pohon jeumpa, pohon seulanga, pohon cempaka, pohon asam dan lain-lainnya.

Di Taman ini juga terdapat kolam ikan yang besar, sebuah sampan (perahu kecil yang terbuat dari kayu), fasilitas permainan anak-anak (ayunan, perosotan, dan jungkat jangkit), disamping bangunan utama yaitu gedung simulasi tsunami yang memamerkan dokumentasi/foto-foto kejadian tsunami. Digedung ini ada tribun terbuka untuk pertunjukan film dokumenter tentang kejadian/kisah saat bencana tsunami terjadi serta dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan seni.

Di lokasi wisata tsunami PLTD Apung dan Taman Edukasi Tsunami juga terdapat aneka jajanan, warung dan café sederhana yang menyajikan aneka makanan dan kopi khas Aceh. Pada lokasi ini terdapat tempat penjualan aneka souvenir, kaos-kaos bergambar kapal apung dan taman edukasi.

Transportasi

Untuk mencapai bangkai Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung I maka Anda akan memasuki jalan kampung sekitar 300 meter. Jalanannya tidak terlalu lebar tetapi sudah beraspal mulus. Lokasi wisata ini hanya 1 km dari pusat kota Banda Aceh dan Anda dapat menyewa motor becak dengan harga sesuai.

.

  

     

terimakasih :

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: