Mengapa Banda Aceh Kembali Raih Adipura?

Banda Aceh kembali meraih penghargaan adipura untuk kategori kota sedang dari Presiden Republik Indonesia, Rabu 6 Juni 2012. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat atas pengelolaan kebersihan dan lingkungan kota.

Piala Adipura yang diperoleh Banda Aceh tahun 2012 ini  merupakan adipura ke empat yang diraih Banda Aceh (masa Pj Walikota Drs. T. Saifuddin TA, M.Si). Tiga Piala Adipura lainnya diperoleh Banda Aceh pada tahun 1976 di bawah Walikota Sayed Husein Al Haj. Dua lainnya diperoleh secara berturut-turut 2009-2010 di bawah kepemimpinan Mawardy Nurdin.

Lalu, bagaimana sebenarnya tahapan penilaian untuk menentukan kelayakan meraih piala adipura? Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan  Aceh, Husaini Syamaun menjelaskan bahwa “Ada dua tahapan yang kami lakukan untuk menilai sebuah kota (layak atau tidak) mendapatkan piala Adipura. Pertama penilaian akumulatif dengan jumlah nilai harus mencapai 72. Jika mencapai nilai ini maka akan diikutkan ke tahapan berikutnya.

jalan depan mesjid raya Baiturrahman (http://nelva-amelia.blogspot.com)

Penilaian akumulatif yang mencapai 72 poin adalah penilaian dengan memberikan skor terhadap aspek-aspek yang berhubungan dengan lingkungan dan pengelolaan kota, yakni drainase kota, tata ruang, ketersedian air bersih dan udara bersih, pengelolaan sampah kota, termasuk kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar. Tiap-tiap aspek itu dinilai dan diberikan sejumlah poin tertentu. Poin ini kemudian diakumulaksikan hingga akhirnya didapat nilai akumulatif tersebut.

Apabila nilai akumulatif mencapai minimal 72 poin, maka kota tersebut akan dimasukkan ke tahapan selanjutnya. tahapan itu yakni mengundang tim dari Jakarta untuk dilakukan pengecekan ulang. Selanjutnya, tim dari Jakarta-lah yang akan menentukan kota-kota mana saja yang layak mendapat penghargaan adipura ini.

“Bagi yang tidak masuk atau tidak mencapai nilai akumulatif, pihak kami akan menggugurkannya dan selanjutnya akan diberikan pembinaan-pembinaan lebih lanjut,” jelas Husaini. (atjehpost.com).

selain PIALA ADIPURA, Pemerintah Kota Banda Aceh juga mendapatkan beberapa anugerah pada tahun 2012 ini, yaitu:

  1. PIALA ADIWIYATA :  yang diterima oleh SD N 67 dan SMPN 1 Banda Aceh, yaitu penghargaan yang diberikan karena telah mampu menciptakan lingkungan sekolah hijau, bersih, indah dan nyaman.
  2. WAHANA TATA NUGRAHA :  yaitu penghargaan bidang lalu lintas yang tertib /keberhasilan penyelenggaraan system transportasi perkotaan.
  3. OPINI WTP   yang keempat kali berturut-turut sejak tahun 2008 : yaitu penghargaan dari BPK RI atas keberhasilan pengelolaan keuangan daerah.
  4. PELAYANAN PUBLIK KEMUDAHAN DALAM BERUSAHA : kerjasama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) dan International Finance Coorporation (IFC) World Bank. (www.bandaacehkota.go.id)

sebelumnya juga Kota Banda Aceh menerima:

  1. penghargaan Adiupaya Puritama dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Republik Indonesia untuk yang kedua kalinya. Penghargaan dibidang penyelenggaraan perumahan dan pemukiman ini diserahkan Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera, Hazaddin Sitepu, dalam acara peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2011 di Ballroom Birawa Hotel Bidakara, Jakarta (22/09/2011). Pemerintah Kota Banda Aceh terpilih sebagai kota terbaik ketiga untuk kategori Kota Menengah/Kecil setelah Kota Cimahi dan malang. Penghargaan ini melibatkan  Kementerian Pekerjaan Umum, Bappenas, REI, APERSI, Universitas Indonesia, APPSI, MP3I, Perumnas, dan Housing Urban Development. dan lima aspek yang disoroti tim juri dan tim verifikasi, yaitu kelembagaan, pembiayaan, keberpihakan kepada rakyat kecil, wawasan lingkungan, dan regulasi. (www.bandaacehkota.go.id)
  2. ICT Pura, sebagai Kabupaten/Kota Digital Berpredikat Utama, yang telah siap dan memiliki kemampuan daya saing di era ekonomi digital. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi RI Ir. H. Tifatul Sembiring, di Empire Palace Hotel Surabaya,” Senin (05/12/2011).(www.bandaacehkota.go.id)

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: