Politeknik Aceh

Politeknik Aceh terletak di Desa Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, pas di tepi Krueng Aceh.

Dengan desain gabungan corak Islam dan tradisional Aceh, serta sedikit sentuhan Mediterania, gedung Politeknik Aceh tampak kokoh dan megah. Bangunan seluas 8.350 meter persegi ini memiliki 65 kamar, 33 ruang kuliah, 22 laboratorium, ruang dosen, cafetaria, amphiteatre, dan perpustakaan. Istimewanya, setiap ruang di semua lantai dapat diakses oleh pengguna kursi roda.

Grand hall bangunan ini setinggi tiga lantai, dengan dua sayap (lorong) beratapkan kaca setinggi 100 meter, membuat suasana lebih terang, terbuka, sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik. 

“Bangunan ini juga bisa dijadikan sebagai escape building (tempat penampungan) jika gempa atau tsunami kembali terjadi, meski kita sama sekali tak pernah mengharap itu,” kata Walikota Banda Aceh Ir. Mawardi Nurdin  MEngSc (lulusan Sipil ITB angkatan 72) usai jumpa pers Grand Opening of Politeknik Aceh & Official Closing of Chevron Aceh Recovery Initiative: Unity and Partnership for a Better Future di Politikenik Aceh, Jumat (29/8/2008) petang. Acara tersebut juga dihadiri Steve Green, Managing Director Chevron IBU. Peresmian gedung Politeknik Aceh merupakan penutupan dari Program Chevron Aceh Recovery Initiative (CARI) di  Aceh senilai 14,7 juta dolar.

Harry Bustaman, Manajer Corporate Responsibility/Community Engagement Chevron IndoAsia Business Unit (IBU), membenarkan pernyataan Mawardi. Ia menjelaskan, bangunan Politeknik Aceh memang dirancang tahan gempa bumi hingga skala tertentu. “Bangunan didesain untuk gempa zona 4 berdasarkan standar nasional. Fondasinya kokoh sedalam 30 meter,” kata Bustaman.

Ya, megah dan sekaligus tahan gempa memang tidak mustahil untuk bangunan yang menghabiskan dana sekitar 16 juta dolar. Chevron sendiri menyumbangkan 6 juta dolar (dari 14,7 juta dolar dana CARI) untuk pembangunan gedung dan pelatihan jangka pendek kepada sekitar 300 pelajar asal Aceh/Nias di Politeknik (Chevron) Riau. Sedangkan sisanya ditanggung bersama oleh United States Agency for International Development (USAID), Pemerintah Provinsi NAD dan Pemerintah Kota Banda Aceh, Departemen Pendidikan Nasional, dan Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh/Nias (BRR).

PATNER LOKAL UNTUK KOMPETISI GLOBAL

Rencana pembangunan Politeknik Aceh telah dimulai sejak bulan Mei tahun 2005. Selepas musibah tsunami, Chevron Corporation yang berpusat di San Ramon – USA dan USAID berinisiatif untuk membangun sebuah politeknik yang bertaraf internasional di Aceh sebagai bagian dari bantuan internasional dalam pembangunan kembali Aceh.  Kedua organisasi internasional ini, kemudian menjajagi rencana ini dengan menghubungi Pemerintah Aceh, BRR dan berbagai stake holder lainnya.

Pemerintah Aceh yang diwakili Gubernur dan BRR menyambut baik rencana tersebut dan bersedia membantu pengadaan tanahnya.  Selanjutnya USAID melakukan berbagai studi awal dan pemerintah Aceh menyiapkan lahan.  Sementara itu Chevron melakukan studi mengenai Gedung Utama dan memulai proses disain pendahuluan.

Setelah melalui proses seleksi dan studi yang sangat komprehensif, Pejabat Gubernur Aceh menetapkan lokasi tanah untuk pembangunannya dan BRR membantu biaya pembeliannya. Sementara itu USAID melalui kontraktornya DEVTECH SYSTEM dan SECID melakukan studi awal tentang pendirian Politeknik Aceh. Dalam laporannya ditegaskan perlunya dibangun suatu politeknik di Aceh selevel program Diploma-4. Adapun program studi yang direkomendasikan Feasibility Study tersebut adalah Teknik Elektronika/Elektro, Teknik Mekatronika/Pneumatika, Teknik Pemrograman Komputer/ Informatika, dan Marketing. Dalam konteks jurusan di Indonesia, jurusan tadi lebih dikenal sebagai Teknik Telekomunikasi, Teknik Mekatronika, Teknik Informatika, dan Bisnis Pemasaran.

Team Chevron, USAID dan Pemerintah Aceh memutuskan untuk  membangun sebuah politeknik dengan nama Politeknik Aceh di lahan yang disediakan Pemerintah Aceh di Desa Pango Raya, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.  Mengingat keterbatasan resources dan mengacu kepada Success Story dari Politeknik Caltex Riau, program studi yang ditetapkan untuk dibangun pertama sekali adalah 3 program studi saja, yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, dan Akuntansi, sedangkan  program studi Teknik Mekatronika diharapkan dapat dibangun dengan bantuan dari Pemerintah Pusat dan sumber dana lainnya.

Politeknik Aceh didirikan atas prakarsa Pemerintah Kota Banda Aceh bekerjasama dengan pihak BRR, USAID dan Chevron Corporation. Untuk pengembangan sistem pendidikannya dipercayakan pada Swisscontact dan Politeknik Manufaktur Negeri (POLMAN) Bandung. Politeknik Aceh merupakan lembaga pendidikan jenjang Diploma 3 berorientasi praktis dalam bidang akuntansi, teknik elektronika, teknik komputer serta teknik mekatronika yang diselaraskan dengan kebutuhan kompetensi tenaga kerja industri. Dikelola oleh Yayasan Politeknik Aceh dan didukung manajemen dan staf pengajar yang kompeten serta sarana prasarana lengkap dan terkini, mulai dari kampus, laboratorium serta peralatan proses belajar mengajar dengan perbandingan rasio yang sangat ideal.

Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan pendekatan berbasis dunia kerja sehingga adaptasi terhadap atmosfir dunia kerja telah dibangun sejak di bangku kuliah. Hubungan dengan dunia kerja/industri dikembangkan melalui hubungan saling menguntungkan dengan program-program pemagangan maupun layanan institusi dalam industrial problem solving, sehingga proses belajar mengajar dapat lebih efisien dan peluang kerja setelah lulus terbuka lebar, baik di lokal, nasional maupun internasional.

Politeknik Aceh ditujukan bagi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas melalui mekanisme saringan masuk yang meliputi uji kemampuan akademis, kesehatan, minat dan bakat.  Beasiswa disediakan bagi mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi.

Visi Politeknik Aceh
Menjadi Politeknik unggulan yang mampu bersaing secara Lokal maupun Global.

Misi Politeknik Aceh
Berperan aktif dalam pengembangan profesi yang menunjang hubungan   dengan dunia pendidikan.

Manajeman Politeknik Aceh
Direktur : Ir.Zainal Hanafi
Pudir I    : DR. Ir. Syahrial, M.Eng
Pudir II  : Cut Yunina Eriva, SE.Ak
Pudir III : DR. Ir. Syahrial, M.Eng

Kaprodi  Teknik Elektronika : Effendi, ST
Kaprodi  Teknik Komputer   : Elfisa, S.Si
Kaprodi  Akuntansi                   : Mutia Arfiani, SE
Kaprodi  Mekatronika              : T. Shabri, A.Md

Kampus POLITEKNIK ACEH
Jl. Politeknik Aceh, Desa Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, B.Aceh
Telp. (0651) 31855
Fax (0651) 31852

======================================================================================

6-10-2012 : Wisuda  sebanyak 170 lulusan Diploma III, angkatan ke-2, di Lobi Gedung Politeknik Aceh. Dihadiri Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia, Abdul Hamid Batubara, Wali Kota Banda Aceh, Ir Mawardy Nurdin, staf Ahli Gubernur, Ismayani, Sekdakota Banda Aceh Drs. T. Saifuddin TA, M.Si, Asisten II Pemko Banda Aceh Drs. Ramli Rasyid M.Si, M.Pd. Direktur Politeknik Venezuela Blang Bintang, Perwakilan USAID serta para orang tua dari wisudawan dan wisudawati.

30 orang mendapat predikat cumlaude, dengan rincian sebanyak 7 orang dari Prodi Teknik Elektronika Industri, 9 lulusan dari Teknik Informatika, 12 wisudawan dari Akuntansi serta 2 lulusan dari Prodi Teknik Mekatronika. pada hari tersebut sekaligus peletakan batu pertama pembangunan sarana olahraga dan taman bantuan PT Chevron yang diperuntukkan bagi Politeknik Aceh, senilai Rp 1,5 miliar.

=======================================================================================

Iklan

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

One Response to Politeknik Aceh

  1. Wan farah says:

    Assalamualaikum, saya dari malaysia. Apa alamat emel pentadbiran hal ehwal pelajar politekbik aceh yang boleh saya hubungi? Dan ada tak nombor telefon yg boleh saya hubungi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: