Beasiswa Baitul Mal Kota Banda Aceh

Kantor Baitul Mal Banda Aceh

Wakil Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, Senin (15/10/2012) menyerahkan beasiswa untuk 3.990 anak kurang mampu. Beasiswa yang dananya berasal dari Baitul Mal Kota Banda Aceh ini diserahkan secara simbolis oleh Illiza pada saat upacara bendera senin pagi di SMPN 18 Jalan Tgk. Dipineung Raya, Gampong Kota Baro, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Beasiswa ini diberikan secara simbolis kepada T. M. Ridha dan Marshanda yang keduanya berasal dari SDN 24 Banda Aceh, Zuhra Fajria dan Afdhalul Chairi dari MIN Merduati. Untuk Siswa SMP, beasiswa ini diserahkan kepada Muhammad Firna dan Risra Sulinda dari SMPN 18 Banda Aceh. Untuk siswa MTsn diterima oleh Tika Agustika dan Rahma Fonna. Sementara untuk siswa sekolah menengah diterima oleh Yustika Fauzul Husna dan Aditia Andika Nugraha dari SMAN 8.

Sesaat setelah menyerahkan beasiswa, Illiza mengatakan bantuan beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Baitul Mal untuk sektor pendidikan. Illiza beranggapan pendidikan adalah jalan keluar untuk menuju bangsa yang maju dan berperadaban. “Pendidikan adalah bagian dari usaha untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kehidupan manusia, yang menjadi elemen penting dalam pembangunan bangsa, karena kita membutuhkan generasi-generasi kompetitif yang siap bersaing disetiap zaman yang mereka lewati” ujar Illiza.

Dikatakannya lagi, pendidikan adalah pondasi pembentukan Banda Aceh menjadi kota madani. Dengan model pendidikan yang sedang diterapkan saat ini diharapkan akan muncul generasi-generasi yang memiliki kemampuan teknis mumpuni dan juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang mampu menjadikan setiap anak Banda Aceh sebagai anak-anak yang handal.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota juga menghimbau kepada masyarakat yang hartanya sudah sampai nisab dan haul agar tidak segan-segan menyalurkan zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh, karena dengan pengelolaan zakat yang baik dan profesional oleh Baitul Mal, maka zakat tersebut bisa disalurkan kepada yang benar-benar berhak dan tepat sasaran, seperti bantuan beasiswa yang diserahkan kepada anak-anak kurang mampu ini. “kalau kesadaran warga membayar zakat semakin meningkat, Kita bisa mengalokasikan beasiswa untuk anak kurang mampu lebih besar di tahun-tahun mendatang” papar Illiza.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Drs H Salahuddin menjelaskan Baitul Mal Kota Banda Aceh mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp 1.559.000.000 untuk 3.990 anak kurang mampu dalam kota Banda Aceh.

  • Untuk siswa tingkat SD/MIN : Rp. 350.000/siswa kepada 1.840 siswa dengan jumlah keseluruhan Rp. 644.000.000,
  • untuk siswa tingkat SMP/MTsN : sebesar Rp. 400.000/siswa kepada 1.050 siswa dengan jumlah keseluruhan Rp. 420.000.000.
  • untuk siswa tingkat SMA/MA/SMK : sebesar Rp. 450.000/siswa kepada 1.100 siswa dengan jumlah keseluruhan Rp. 1.559.000.000.

Humas Pemko Banda Aceh 

===================

  • Sejak tahun 2011 Baitul Mal Kota Banda Aceh mengirimkan santri untuk belajar  Tahfizh Quran di Madrasah Ulumul Quran  Pagar Air.  Tahun 2011 sebanyak 10 orang dan tahun 2012 bertambah sebanyak 8 orang sehingga menjadi 18 orang anak asuh yang mendapat beasiswa penuh.
  • Mulai Tahun Ajaran 2012 juga disalurkan beasiswa pendidikan bagi siswa kurang mampu untuk kategori beasiswa setengah penuh . Beasiswa diberikan kepada 100 orang siswa tingkat SLTP, masing-masing siswa memperoleh beasiswa senilai Rp 300.000,-/bulan.
  • Beasiswa bagi pelajar dari keluarga fakir miskin tingkat SD, SLTP, SLTA sederajat, dengan nominal masing-masing: untuk SD : Rp. 350.000,-/ orang; SLTP : Rp. 400.000,- / orang;  SLTA : Rp. 450.000,-/ orang. (artikel di atas)
  • Penyaluran zakat sebesar Rp 3,768 miliar untuk berbagai senif dan golongan, sepanjang 8-15 Agustus 2012. Dari zakat itu, penerima paling banyak yaitu dari golongan fakir dan miskin dengan jumlah zakat mencapai Rp 2,5 miliar lebih.

baitulmal-bandaaceh.blogspot.com

=============================

BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH :

Susunan Organisasi Baitul Mal Kota, terdiri dari :
a. Kepala Baitul Mal.
b. Sekretariat :

  • Kepala Sekretariat
  • Subbagian Umum
  • Subbagian Keuangan dan Program
  • Subbagian Pengembangan Informasi dan Teknologi
  • Kelompok Jabatan Fungsional

c. Bidang Pengumpulan :

  • Subbidang Inventarisasi
  • Subbidang pembukuan dan Pelaporan

d. Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan :

  • Subbidang Pendistribusian
  • Subbidang Pendayagunaan

e. Bidang Sosialisasi dan Pembinaan :

  • Subbidang Sosialisasi
  • Subbidang Pembinaan

f. Bidang Perwalian dan Harta Agama :

  • Subbidang Perwalian
  • Subbidang Harta Agama.

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: