Banda Aceh Juara LKS dan Expo Job-Fair 2012

SMKN 2 Banda Aceh

Kota Banda Aceh kembali keluar sebagai juara umum pada Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) se-Aceh dan Expo Job Fair 2012 , yang digelar di SMKN 2 Meulaboh, Aceh Barat (15-18 Oktober 2012) dan diikuti 1.100 peserta dan penggembira. Kota Banda Aceh meraih 10 medali emas, 7 perak, dan 4 perunggu.

Untuk peringkat kedua ditempati Kota Lhokseumawe dengan perolehan 5 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu. Peringkat ketiga ditempati Aceh Tamiang dengan 5 medali emas, 3 perak, 2 perunggu. Sementara itu, tuan rumah Pemkab Aceh Barat berada di peringkat keempat dengan 4 medali emas, 4 perak, dan 6 perunggu. Disusul Kota Langsa dengan 3 medali emas, 8 perak, dan 5 perunggu.

Selanjutnya, Kabupaten Bireuen berhasil mengumpulkan 2 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu, disusul Pidie dengan 2 medali emas, 1 perak, 2 perunggu, Aceh Besar 2 emas, 1 perak, Singkil 2 emas, dan Aceh Tenggara 1 medali emas.

Sedangkan empat kabupaten/kota yang tidak memperoleh satupun medali emas adalah Aceh Utara, Aceh Jaya, Aceh Tengah, dan Aceh Timur. Aceh Utara hanya kebagian 3 medali perak dan 2 perunggu, Aceh Jaya 1 perak, Aceh Tengah 3 perunggu, dan Aceh Timur 1 medali perunggu.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Aceh, Drs Laisani MSi mengatakan, LKS-SMK 2012 yang diikuti 326 siswa dari 23 kabupaten/kota merpertandingkan 38 mata lomba (empat diantaranya digelar di Banda Aceh).

Lomba tersebut ditutup Staf Ahli Bupati Aceh Barat, Drs M Nur Juned, Kamis (18/10) malam. Para juara I dari 38 mata lomba LSK-SMK 2012 tersebut akan mewakili Provinsi Aceh ke LKS Nasional 2013 di Jakarta.(sir)

* medali emas Banda Aceh

– Ahyul Fadhillah, Rahmat Yuhri, Nanda Syahreza, Muliadi, Muhammad Irfan, dan Muhammad Rizal (semuanya dari SMKN 2/kelompok teknologi)
– M Ryan Putra F dan dan Rafnaul Muntari (SMKN 1/kelompok manajemen)
– Raudatul Adawiyah, Fitri Safhira, Firda Junita, dan Dina Ariati (SMKN 3/kelompok pariwisata)

Sembilan Daerah tak Dapat Medali

SEMENTARA itu, dalam LKS-SMK se-Aceh tahun 2012, tercatat sembilan kabupaten/kota yang sama sekali tidak mendapatkan medali. Ke sembilan kabupaten/kota tersebut adalah Sabang, Simeulue, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Subulussalam, Bener Meriah, Gayo Lues, Pidie Jaya, dan Nagan Raya.(sir)

sumber : aceh.tribunnews.com

catatan :

  • LKS-SMK se-Aceh dan Expo Job Fair 2013 dilaksanakan di Pidie.

  •  Target pemerintah untuk memperbanyak siswa SMK dibanding SMA menjadi 60 persen (SMK) berbanding 40 persen (SMA). Sedangkan kondisi Aceh saat ini angka 78 persen (SMA) dan 22 persen (SMK).
  • SMKN 1, 2, dan 3 Banda Aceh adalah satu komplek SMK yang dibangun atas bantuan Negara Federal Jerman yaitu KfW Entwicklungsbank, Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman atau Econid, dan Indonesian-German Disaster Relief Committee atau Indogerm(dikoordinir oleh GTZ TVED) setelah tsunami 2004, terletak di Jl. Sultan Malikul Saleh Mibo, Depan Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, dengan luas area seluruhnya 6,4 Ha. kawasan sekolah baru itu sebagai SMK terluas di Indonesia, mengalahkan SMK di Malang yang menempati areal seluas 4 ha dan merupakan SMK dengan fasilitas terbaik di Indonesia. Dibangun dengan dana Rp 155 miliar(lebih dari 12 juta euro), sebanyak Rp 110 miliar untuk konstruksi dan sisanya untuk peralatan dan furnitur. SMK Negeri 1 Banda Aceh, yang bergerak dalam bisnis dan manajemen; SMK Negeri 2 Banda Aceh, yang membidangi konstruksi, teknik, dan kelistrikan; dan SMK Negeri 3 Banda Aceh, yang bergerak dalam bidang pariwisata. Sekolah yang mampu menampung 3.700 murid itu juga dilengkapi asrama untuk lebih dari 100 anak dan bengkel kerja yang digunakan para siswa sebagai sarana praktik.
  • SMK Negeri  1 (SMEA) Banda Aceh adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tertua di Propinsi NAD yang diresmikan tanggal 1 Desember 1957 dengan Surat Keputusan Menteri No. 792/B.III KEDJ Tanggal 1 November 1957.  Dalam usianya yang kini sudah 51 th, SMK N 1 Banda Aceh telah mampu meluluskan ±30.000 siswa. Sebelum Gempa bumi dan Tsunami menimpa NAD, SMK N 1 Banda Aceh telah memulai model sekolah yang mengaplikasi Teknologi Informasi ke dalam semua aspek manajemen sekolah. Sistem yang telah dirancang dan dibangun sendiri tsb diberikan nama Sistem Informasi Administrasi Sekolah (SIAS).SMKN 1 akan mewujudkan SMK modern berstandar Internasional yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk menunjang PBM berbasis IT atas bantuan negara Jerman (GTZ). Bulan Juli 2008 proses PBM dilaksanakan di sekolah baru bertempat di Ds. Mibo, Kec. Banda Raya, Banda Aceh Aceh 23166.  Telp/fax : +62 651 7559556 , +62 651 7559557. Mempunyai program/ jurusan : Tehnik Komputer Jaringan, Usaha Perjalanan dan Pariwisata, Administrasi Perkantoran, Persiapan Grafika, Pemasaran, Akuntansi.
  • SMK Negeri  2 (STM) Banda Aceh didirikan pada tanggal 1 Januari 1956 dengan nama STM yang berlokasi di Jl. SM Raja Kampung Mulia. Sejak tahun 1989 menempati lokasi di Jl. P. Nyak Makam Lampineung Kota Baru, Banda Aceh. Mulai tahun pelajaran 1996/1997 STM Negeri Banda Aceh berubah nama menjadi SMK Negeri 2 Banda Aceh. Setelah bencana Tsunami, pada tanggal 18 oktober 2008 pindah ke lokasi sekarang di Mibo, dengan luas areal sekolah 26.000 m². Jumlah Siswa: 900 Jumlah Guru: 108. Telpon : (0651)7559561. Mata pelajaran Kejuruan: Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Gambar Bangunan,Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Instalasi Listrik, Teknik Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Permesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Mekanik Otomotif/Teknik Kenderaan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Audio – Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pendingin dan Tata Udara.
  • SMK Negeri 3 (SMKK) Banda Aceh telah berdiri sejak tahun 1957 dan sudah mengalami beberapa kali pergantian nama dari SGKP, SJKP, SMKK, dan yang terakhir adalah SMKN 3 Pariwisata Banda Aceh, sebelumnya Sekolah kami beralamat di Jalan Lampineng, dan sejak tahun 2008 kami telah menempati gedung baru yang merupakan donasi dari Jerman yang terletak di Lhong Raya atau depan Stadion Harapan Bangsa. Telpon: (0651)7559559. Program Keahlian : Busana Butik, Tata Boga, Patiseri, Kecantikan Kulit, Kecantikan Rambut,  Akomodasi Perhotelan. Sekolah ini memiliki hotel setingkat bintang dua untuk training jurusan perhotelan.Selain ruang pertemuan yang adem dengan lantai karpet tebal, hotel berlantai dua itu memiliki puluhan kamar. Furniturnya lengkap, jauh lebih bagus dari hotel-hotel di kabupaten kecil di Sumatera. Spring bed dan kamar mandi di dalam ruangan dengan kucuran air dari shower masih baru. Ruangan kamar juga sejuk dengan pendingin ruangan. Beberapa kamar dilengkapi minibar. Hotel akan menjadi sebuah laboratorium pelayanan bagi siswa SMK. Warga umum bisa menggunakannya. Di meja penerima tamu, sebuah komputer sudah tersedia untuk mempermudah administrasi tamu.
  • SMK Negeri 4 (Kelautan) Banda Aceh, alamat : Jl. Sisingamangaraja, Gampong Mulia, Banda Aceh 23249,Telpon : (0651)53939. Mempunyai jurusan Teknik Kenderaan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknika Kapal Penangkap Ikan, Budidaya Perikanan.
  • SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh, alamat Lampineung, Banda Aceh 23125. Telpon: (0651)7552313. mempunyai jurusan Teknik Jaringan Akses.
  • SMTI (Sekolah Menengah Teknik Industri) Banda Aceh. Alamat Jl. Twk. Hasyim Banta Muda No. 6 Banda AcehTelp. (0651) 7428664 , Fax. (0651) 29982. Merupakan Sekolah Kejuruan yang didirikan pada tanggal 2 September 1965 dan dikelola oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Industri Kementerian Perindustrian RI.
  • SMK Negeri Penerbangan Aceh, Jl. H. Dimurthala, Lampineung Banda Aceh, jurusan : Air frame power plant, Electrical Avionic, Permesinan Pesawat Udara.
  • SMK Muhammadiyah Banda Aceh, Jl. Ujung Batee No.17  Seutui, Banda Aceh 23243. Telpon : (0651)47116
  • SMK Farmasi Cut Meutia Banda Aceh, alamat: Jl. Tgk. Chik Ditiro, Peuniti, Banda Aceh 2323. Telp: (0651)23237

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

One Response to Banda Aceh Juara LKS dan Expo Job-Fair 2012

  1. mus oranje mengatakan:

    Fitri Safhira itu adik aku, dia mewakil Banda Aceh. nice infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: