Hari Tata Ruang 2012 Aceh

Peringatan Hari Tata Ruang (Haritaru) 2012 Provinsi Aceh akan dipusatkan di di lapangan sepak bola dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Kamis, (8/11/12). Tema tahun ini adalah “Kota Hijau untuk Kehidupan Lebih Baik” (Green City for a Better Life). Selain di Banda Aceh, peringatan Haritaru ini juga dilaksanakan serentak di 32 provinsi lainnya di Indonesia.

dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banda Aceh, Drs T Saifuddin TA meminta masyarakat di kota tersebut agar menanam satu pohon di setiap rumah masing-masing. Ini bertujuan mempercepat terwujudnya Kota Banda Aceh sebagai kota hijau, sejak dan nyaman. Turut hadir pada acara ini, tim pendamping Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Kementerian PU Zikki Adriansyah, Zainul Khalidi dari BMCK Aceh, Camat Meuraxa Faisal, unsur TNI/Polri, ulama, tokoh adat dan budayawan, PGRI dan perwakilan siswa/siswi, wartawan, pemerhati lingkungan, serta Forum Komunitas Hijau Meuraxa.

Camat Meuraxa Faisal S.STP kepada Serambi mengharapkan, melalui Haritaru ini Banda Aceh dapat berperan menciptakan lingkungan perkotaan yang layak huni sebagai acuan dalam mewujudkan ruang aman, nyaman, dan produktif. “Ini sesuai dengan visi dan misi Walikota untuk menjadikan Banda Aceh sebagai model kota Madani”, katanya.

Kabid Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah, Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh, Ir Husaini melalui Ketua Panitia Munzir, ST MT menyampaikan bahwa pada acara tersebut diresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Desa Lambung. RTH seluas dua hektare di Gampong Lambung akan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti tempat bermain anak-anak, lapangan bola kaki, lokasi interaksi sosial, even berkumpul masyarakat serta sejumlah sarana pendukung lainnya. Selain itu, juga digelar serangkaian kegiatan seperti sosilisasi Kota Hijau, penanaman pohon di lokasi RTH yang melibatkan komunitas hijau Kota Banda Aceh, BMCK Aceh, Pemko Banda Aceh, serta unsur Kecamatan Meuraxa.

Taman Sari Banda Aceh

“Dengan adanya ruang terbuka Hijau ini, masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai fasilitas publik sekaligus mendukung implementasi program pengembangan kota hijau yang diamanatkan dalam UU Penataan Ruang”, katanya.

Dalam Undang-undang Penataan Ruang (UU No 26 Tahun 2007) mengamanatkan 30 persen dari wilayah kota berwujud Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terdiri 20 persen RTH Publik dan 10 persen RTH Privat. Pengalokasian 30 persen RTH ini ditetapkan dalam peraturan daerah tentang RTRW Kota dan RTRW Kabupaten. Pedoman pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfatan RTH di kawasan Perkotaan.

Munzir menambahkan, serangkaian kegiatan Haritaru turut disosialisasikan di Radio Serambi FM 90.2 MHz, bersama Radio Rumoh PMI FM 107 MHz dan Radio Megah FM 95.3 MHz. Dalam talkshow di Radio Serambi FM 90.2 MHz, Kamis (8/11) sore hadir dua narasumber, yakni Pegiat dan Praktisi Penataan Ruang, Zamharira ST MT dan Akademisi Unsyiah, Dr Ir Fajri Djafar MSc. “Kota Banda Aceh satu-satunya kota di Aceh yang sudah memiliki Qanun Penataan Ruang. Inilah kemajuan Kota Banda Aceh dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Aceh, sehingga patut diberi apresiasi,” kata Fajri Djafar.

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Data :

  • 13 September 2012 : Banda Aceh sudah memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) 18 persen dari sekitar 61.360 hektar luas wilayahnya. (12% RTH publik dan 6% RTH Private).
  • Banda Aceh masuk dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dilaksanakan Kementerian PU RI di 60 kota. P2KH merupakan target dari Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) yang difasilitasi Dirjen Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU). P2KH di Kota Banda Aceh ini dilaksanakan dalam empat kegiatan, yakni Pelaksanaan Sosialisasi P2KH, Penyusunan Peta Hijau (Green Map), Penyusunan Master Plan RTH dan Penyusunan DED.
  • 12 September 2012 : Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Banda Aceh telah mengadakan Workshop Master Plan Ruang Terbuka Hijau dan Penyusunan Peta Hijau Kota Banda Aceh
  • Pemerintah Kota Banda Aceh akan menata 65 taman yang tersebar di sembilan kecamatan untuk mewujudkan Ruang Tata Hijau (RTH)
  • Banda Aceh merupakan 1 dari 8 kota sedang di Sumatera yang berhasil meraih penghargaan Adipura 2012
Iklan

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: