Semua Puskesmas Kita Harapkan Raih ISO sebelum 2018

isoBanda Aceh – Sebelum tahun 2018, semua Puskesmas yang ada di kota Banda Aceh diharapkan mendapatkan sertifikat ISO sebagai upaya memaksimalkan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Harapan ini disampaikan Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin M. Eng Sc, usai menyerahkan sertifikat ISO 9001:2008 kepada UPTD Puskesmas Kopelma Darusalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, Rabu (6/2/2013).
Sertifikat manajemen mutu ini diserahkan langsung Kepala UPTD Puskesmas Kopelma Darussalam, drg. Supriady R. “Target kita sebelum 2018, semua Puskesmas di Banda Aceh mendapatkan sertifikat ISO ini. Selain itu, kantor-kantor SKPD kita dorong untuk mendapatkan serifikat yang telah diakui secara internasional ini” katanya.
Dijelaskannya, sertifikat ISO merupakan penghargaan yang diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) kepada organisasi yang telah memenuhi standar mutu pelayanan. Ditambahkannya, ISO menjadi standar mengukur kinerja serta ukuran penilaian kinerja pelayanan publik. “Dengan raihan sertifikat ini, tidak ada lagi alasan dokter terlambat ke Puskesmas. Masa pasien datang jam 8 dokternya tiba jam 10. Kalau masih ada fenomena ini, IS0 ini akan dicabut sesuai dengan ketentuannya karena setiap saat di evaluasi” katanya.
Lebih lanjut, Mawardy mengharapkan puskesmas menjadi institusi pelayanan kesehatan profesional, yakni berorientasi kepada mutu layanan yang kompeten, inovatif, berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pelanggan atau pasien. “Ini harus dipertahankan, karena proses mendapatkan sertifikat ISO melewati berbagai syarat ketat” pinta mawardy.
Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar, mengatakan, saat ini jumlah Puskesmas di Banda Aceh 11 unit, 26 unit puskesmas pembantu dan 34 unit polindes. Diutarakannya, pihaknya juga sudah memasukkan dalam RPJM Kota Banda Aceh agar semua puskesmas meraih sertikat ISO dalam lima tahun ke depan.
Sertifikat ISO 9001:2008 merupakan standar sistem manajemen mutu yang telah mendapatkan pengakuan dari banyak negara di dunia, seperti AS, Australia, China, India, Jepang dan negara-negara Eropa.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh / MKK)

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: