RAKER PEMKO BANDA ACEH 2013

raker2Takengon- Pemerintah Kota Banda Aceh memilih Takengon Aceh Tengah sebagai lokasi digelarnya Rapat Kerja (raker) tahun 2013 agar peserta betul-betul fokus dan konsentrasi penuh mengikuti rapat tanpa disibukkan oleh aktifitas keluarga sehari-hari. Hal tersebut dikemukakan Walikota Banda Aceh, Ir. Mawardy Nurdin M.Eng,Sc saat membuka Rapat Kerja (raker) Pemerintah kota Banda Aceh tahun 2013 Sabtu (23/2) di salah-satu hotel di Kota Takengon.

“Kita datang kesini meninggalkan keluarga di Banda Aceh dengan harapan fokus dan konsentrasi mengikuti rapat agar dapat merumuskan kebijakan-kebijakan untuk mempercepat terwujudnya Kota Banda Aceh sebagi model kota madani” jelas Mawardy.

Pada rapat yang direncanakan berlangsung dua hari ini dibicarakan tiga isu penting, yakni penegakan syariat islam secara lebih kaffah, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan serta percepatan penertiban kota.

Dikatakannya, ketiga isu ini merupakan isu utama yang harus dicarikan solusi pemecahannya sehingga segera bisa dilaksanakan implementasinya. “Penertiban PKL misalnya, selama ini sudah kita lakukan sosialisasi dan sudah saatnya kita lakukan action, namun tetap harus kita carikan solusi bagaimana pedagang juga kita berikan lokasi yang representatif sehingga mereka juga bisa menerima kebijakan kita” ujar Mawardy.

Wakil Walikota Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE dan Sekdakota Drs. T. Saifuddin TA, M.Si tampil sebagai pemateri pada acara ini.

Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE meminta Kepada seluruh Kepala SKPD jajaran Pemko untuk bekerja all out dalam mencurahkan pikiran dan tenaga guna mempercepat terwujudnya Banda Aceh sebagai model kota madani. Hal ini disampaikannya saat menutup Rapat Kerja (Raker) Pemerintah Kota Banda Aceh tahun 2013, Minggu (24/2) di salah satu hotel di Takengon, Aceh Tengah.

“Illiza yang juga didaulat sebagai pemateri pada acara ini sempat memaparkan materi tentang kota madani. Menurutnya, ada beberapa ciri-ciri sebuah kota madani, diantaranya, penduduknya berakhlakul karimah, taat terhadap aturan, inklusif, toleran dalam perbedaan dan menjadikan Al-Quran dan Hadist sebagai pedoman hidup. “Ini memang bukan perkara gampang, tapi juga bukan sesuatu yang tidak mungkin kita realisasikan jika dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat” ujar Illiza optimis.

Sesaat sebelum penutupan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik T. Iwan Kesuma menyerahkan hasil rekomendasi Raker kepada Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin M. Eng, Sc.

Rekomensi tersebut terdiri dari Enam poin. Adapun hasi rekomensi tersebut adalah, yang pertama setiap kelompok kerja segera menindaklanjuti hasil raker dalam bentuk implementasi, pengawasan, monitoring dan pelaporan secara berkala sampai akhir tahun 2013. Poin kedua meningkatkan koordinasi antar kelompok dan antar SKPD dalam mempercepat tercapainya rencana tindak yang telah dirumuskan. Yang ketiga, permasalan dalam rumusan masih terlalu umum dan perlu penajaman kembali oleh masing-masing kelompok. Ke Empat, perlu menindaklanjuti (follow up) hasil pertemuan Walikota, Wakil Walkot dengan masyarakat dan SKPD terkait. Poin kelima, melanjutkan program E-Kinerja untuk SKPD yang telah memenuhi persyaratan dan secara bertahap akan dilaksanakan oleh seluruh Kepala SKPD, dan poin ke Enam adalah semua poin yang telah ditetapkan harus dilaporkan secara berkala perkembangannya kepada Walikota, dan Wakil Walikota melalui Sekda.

Raker yang berlangsung selama Dua hari ini membicarakan Tiga isu strategis, yang pertama, peningkatan pengamalan syariat Islam. Kedua, pemberdayaan ekonomi dan penanggulangan kemiskinan. Ketiga, percepatan penertiban kota. Program lain yang juga sempat di bahas adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan peningkatan mutu pendidikan.

(Sumber : Humas Pemko Banda Aceh

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: