MOU antara Ditjen SDA Kementerian PU dan Pemko Banda Aceh

MOU SDABanda Aceh-Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Kota Banda Aceh Senin (25/3) siang bertempat di aula lantai IV gedung A Pemko Banda Aceh melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Banda Aceh.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini dilakukan langsng oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum DR. Ir. Mohammad Hasan, Dipl. HE dan Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin, M.Eng. Sc.

Dalam sambutannya, Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin, M.Eng. Sc mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan hal yang membahagiakan karena bagi Pemko Banda Aceh ini merupakan cita-cita yang sudah sangat lama diidamkan oleh pemko untuk menata sungai Krueng Aceh.

“Macet bisa teratasi kalau peran Krueng Aceh ditingkatkan sebagai sarana transportasi. Banda Aceh dibelah oleh sebuah sungai yang sangat indah. Pasca tsunami kita telah berupaya meminta kerjasama NGO untuk membersihkan tapi sampai sekarang masih ada sisa-sisa sampah tsunami. Sulit sekali menghidupkan transportasi air kalau belum dibersihkan dari besi-besi bekas, kata Mawardy.

Mawardy mengatakan ingin menjadikan sungai ini sebagai sumber kehidupan dan mengajak masy untuk menghargai sumber kehidupan ini. Kita ingin mengubah pemahaman masyarakat bahwa sungai itu bukan tempat pembuangan sampah, kita sosialisasikan buang sampah di depan rumah, setiap bangunan kita ingin dihadapkan ke sungai, tidak lagi membelakangi, tambah Mawardy.

Pemko, kata Mawardy lagi, pernah bekerjasama dengan GTZ untuk mendesain lokasi-lokasi wisata, tapi terkendala dana. Dengan adanya MoU hari ini, akan dilakukan pembebasan lahan untuk membangun spot-spot lokasi wisata tepi sungai sehingga sungai ini layak dijual sebagai destinasi wisata baru di Banda Aceh. Sungai ini masih sangat asli karena tidak terkontaminasi dengan zat-zat kimia pabrik.

Sementara Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum DR. Ir. Mohammad Hasan mengatakan Banda Aceh telah banyak berubah pasca tsunami, dan itu harus disyukuri. Banda Aceh merupakan yang pertama di luar Jawa yang melakukan kerja sama di bidang ini. Dirjen yakin Krueng Aceh bisa jadi sebuah sungai yang indah dan menyenangkan bagi masyarakat.

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id/

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

4 Responses to MOU antara Ditjen SDA Kementerian PU dan Pemko Banda Aceh

  1. Zulfan Yacoeb mengatakan:

    Assalamualaikum Wr Wb., cuma yg menjadi pertanyaa saya, pak Wali menyebutkan akan mengurangi kemacetan, emang selain fasilitas wisata yang akan dibagun disepanjang kr. aceh, apakah ada juga transportasi airnya, kalau ada, apa nanti konsewensinya bagi penumpang yg akan naik kend. Sungai tsb, 1. Trayek dari mana ke mana, 2. Begitu turun di setiap dermaga yg ada disepanjang sungai tsb, sesuai tujuan penumpang, apakah ada transportasi umum konektifitas yang akan mengangkutnya, 3. Setiap berapa menit lewat kend. Umum tsb, 4. Dermaga dibangun dikiri dan kanan sungai, jadi memutar setibanya di dermaga terakhir 5. Fey kecil tsb harus lebih dri 1 unit, 6. Penglolanya yg profesional 7. Savety, 8. Retaurant, 9. Petunjuk/papan informasi yang mudah dibaca dan mudah di dapat, 10. Harus ada photografer, 11. Koneksi dengan krueng yg lewat Darussalam juga kalau bisa, kiri kanan sungai harus ada sempadan sungai minimal, tapi kalau bisa maksimal lebih bagus. Mudah mudahan usul ini bs diperhatikan. Thank you for your attention. Wassalamualaikum Wr. Wb.

  2. Zulfan Yacoeb mengatakan:

    Ohya satu lagi, kalau bole bisa melewti krueng yg melewati meuligo samai ke setui terus balik lagi, berarti kueng tsb juga harus di keruk dan bebas sampah.💐

    • bpmkotabandaaceh mengatakan:

      kalau untuk transportasi jalur lewat meuligo, sangat dangkal. ada bendung-bendung untuk keperluan meuligo dan taman putro phang, juga melewati kawasan privat. seperti kompleks meuligo dan hubdam. mungkin agak sulit, apalagi sampai ke seutui. Kalau untuk pembersihan, ini tergantung dari MOU, rencana, dan anggaran. mungkin dinas PU lebih paham.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: