Banda Aceh Raih Adipura 2013

adipura.BANDA ACEH – Kota Banda Aceh meraih Anugerah Adipura 2013 bersama 139 kabupaten/kota lainnya Se-Indonesia. Untuk Kota Banda Aceh, penghargaan di bidang kebersihan dan lingkungan hidup ini, merupakan prestasi yang keenam kalinya.

Piala Adipura tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup RI, Prof Dr Balthasar Kambuaya MBA, dan diterima Wakil Wali Kota Banda Aceh, Hj  Illiza Sa’aduddin Djamal SE di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (10/6) malam.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh, Jalaluddin ST MT melalui Kasie Pengelolaan Sampah, Mirzayanto ST menyebutkan, lima Piala Adipura yang diraih Pemko Banda Aceh sebelumnya, masing-masing pada 1995, 1996, 2009, 2010, dan 2012. Dalam beberapa tahun terakhir, Banda Aceh merupakan satu-satunya kota di Aceh yang meraih Adipura ini.

Sementara itu, penyerahan Anugerah Adipura tahun ini dilaksanakan dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia, serta bersamaan dengan penyerahan beberapa penghargaan lain seperti Kalpataru, SLHD, dan Adiwiyata.

Menurut Mirzayanto, Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya kepada 30 kabupaten/kota yang baru pertama kali meraihnya. Sisanya diserahkan Menteri Lingkungan Hidup. (saf)

http://aceh.tribunnews.com

Untuk tahun ini, tambah Mirza, tujuh kabupaten/kota meraih predikat Adipura Kencana, penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup. Secara nasional untuk kota sedang hanya enam kabupaten/kota yang masuk nominasi Adipura Kencana dan Banda Aceh merupakan satu-satunya kota mewakili Sumatera.

Menurut Mirza, masih ada beberapa aspek yang belum mendukung Kota Banda Aceh untuk meraih Adipura Kencana. Antara lain, perlu adanya pemanfaatan gas methan di TPA, perlu penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH), belum maksimal penataan pedagang kaki lima, dan masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah (membuang sampah tidak tepat waktu dan tidak pada tempatnya).

Sementara Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, mengatakan Anugerah Adipura tahun ini hendaknya menjadi momentum bagi pemerintah dan warga Banda Aceh, untuk terus berbenah dan memperbaiki berbagai kekurangan, demi meraih Adipura Kencana di tahun mendatang. (saf)

http://aceh.tribunnews.com/

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: