SMKN Penerbangan Aceh Wisuda Lulusan Angkatan Pertama

wisuda-pertama-smk-penerbangan-aceh-SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Penerbangan Aceh hari ini, kamis 13 Juni 2013 menyelenggarakan acara wisuda terhadap 86 siswa-siswi lulusan angkatan pertamanya.

Bertempat di aula gedung sekolah di Jalan Stadion H. Dimurthala No. 10, Lampineung Banda Aceh, acara wisuda ini juga dihadiri oleh perwakilan Gubernur Aceh, perwakilan Dinas Pendidikan Aceh, perwakilan Pangkalan Udara Blang Bintang, dan perwakilan Mission Aviation Fellowship (MAF) Aceh.

Di samping dihadiri juga oleh semua wali murid para lulusan.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, T. Darmawan, S.Si, 86 lulusan pertama SMKN Penerbangan Aceh yang baru dinegerikan pada tahun 2011 melalui SK Gubernur Aceh No 421.5/07/2011.

“Untuk angkatan pertama kelulusan ini, SMKN Penerbangan Aceh mencatat 100% lulus ujian nasional. Semua lulusannya terdiri dari 68 siswa dan 18 siswi,” ujarnya T. Darmawan kepada ATJEHPOSTcom sebelum upacara seremonial wisuda ini berlangsung.

Di antara semua lulusan ini, menurutnya, telah diterima di beberapa perusahaan penerbangan seperti di Mission Aviation Fellowship (MAF) Aceh, sebuah maskapai penerbangan Amerika Serikat. “Di samping itu, ada juga beberapa lulusan SMKN Penerbangan ini yang sedang mengikuti test di PT. Lion Air, Bandara Sultan Iskandar Muda, dan di Polda Aceh,” kata T. Darwaman.

Lebih lanjut, T. Darmawan menyebutkan dalam mewujudkan visi dan misinya, sejak pertama berdiri, sekolah ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi yang menyangkut dunia penerbangan.

Beberapa di antaranya, yaitu; Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, SMK Penerbangan Dirgantara Curug-Tangerang, PT. Lion Air, PT. Angkasa Pura II (Bandara Sultan Iskandar Muda) dan Mission Aviation Fellowship (MAF) Aceh.

Untuk itu, sejak berdirinya SMKN Penerbangan Aceh telah bekerjasama dengan mendatangkan instruktur (tenaga pengajar) dari beberapa institusi tersebut dan secara khusus juga bekerjasama dengan Kompi H Paskhas TNI Angkatan Udara Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar.

http://www.atjehpost.com

Terletak di Jl. Stadion H. Dimurthala No. 10, Lampineung Banda Aceh, SMKN Penerbangan ini adalah satu-satunya sekolah kejuruan penerbangan yang ada Aceh. Didirikan pada tahun 2010 berdasarkan Keputusan Dinas Pendidikan Aceh No. 421.5/D.1/755/2010 tanggal 3 Mei 2010, SMK Penerbangan Aceh kemudian dinegerikan melalui Keputusan Gubernur Aceh No 421.5/07/2011 pada tahun 2011.

Menurut T. Darmawan, sesuai dengan namanya SMKN Penerbangan Aceh merupakan sekolah kejuruan yang memiliki salah satu misi mendidik siswa agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan kedirgantaraan. Di samping terdapat beberapa misi lainnya, sekolah ini punya visi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, cerdas, berkualitas, islami, bermartabat dan mampu berkompetisi di era global sekarang ini.

Dalam mewujudkan visi dan misinya, sejak pertama berdiri, sekolah ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi yang menyangkut dunia penerbangan. Beberapa di antaranya, yaitu; Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, SMK Penerbangan Dirgantara Curug-Tangerang, PT. Lion Air, PT. Angkasa Pura II (Bandara Sultan Iskandar Muda) dan Mission Aviation Fellowship (MAF) Aceh.

Kecuali terdapat kerjasama dengan mendatangkan instruktur (tenaga pengajar) dari beberapa institusi di atas, SMKN Penerbangan Aceh secara khusus juga bekerjasama dengan Kompi H Paskhas TNI Angkatan Udara Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar.

Di pihak lain, untuk mengefektifkan pelaksanaan visi dan misi SMKN Penerbangan Aceh serta untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan siswa-siswinya. Juga sebagai usaha untuk membangun kepribadian yang baik, menurut T. Darmawan, sejak Januari 2012 sekolah ini telah memberlakukan sistem sekolah berasrama (boarding school), serta menerapkan sistem pendidikan Karakter Bangsa yang terintegrasi di dalam kurikulum pembelajarannya.

“Sampai tahun ketiga sejak berdiri sekolah kejuruan ini, jumlah siswa semuanya ada 232 siswa,” kata T. Darmawan. “Siswa-siswanya berasal dari berbagai daerah di Aceh, dan ada juga beberapa di antaranya yang berasal dari luar seperti Medan, Palembang, dan Jakarta. Bahkan ada seorang siswa berasal dari Malaysia yang masuk tahun 2012 kemarin,” sambungnya lagi.

Di tahun ketiga sejak berdirinya, menurut T. Darmawan, sekolah kejuruan ini terus berbenah. Pihak sekolah dengan bantuan semua kalangan terus meningkatkan kualitas agar visi dan misi sekolah tercapai dengan baik. Untuk itu berbagai kegiatan di luar jam pelajaran terus ditingkatkan. “Karena kegiatan belajar mengajar sekolah ini adalah full day, yaitu mulai dari pukul 07.30 pagi sampai 16.30 sore, pada malam harinya siswa-siswa juga diberikan bimbingan pengayaan. Kita ada bekerjasama dengan pihak bimbingan belajar Phibeta untuk ini,” terang T. Darmawan.

“Tapi di samping itu kegiatan belajarnya yang padat, walau pun sistemnya punya disiplin yang tinggi di bawah bimbingan para instruktur dari Kompi H Paskhas TNI AU, di sini kita juga mengembangkan program-program ekstrakurikuler bagi siswa-siswa. Di sini ada pramuka, sanggar kesenian, dan bekerjasama dengan Perkemi Aceh, tahun ini kita juga mewajibkan siswa kelas I untuk belajar Kempo,”

Di antara semua kegiatan-kegiatan tersebut, SMKN Penerbangan Aceh dalam usahanya mencetak SDM Aceh yang berkualitas dan islami, bidang keagamaan tidak luput untuk dikembangkan bagi siswa-siswanya.

“Dalam pelajaran keagamaan, kita mengajarkan ilmu-ilmu dasar Islam bagi siswa dengan mendatangkan tenaga pengajar yang berkompeten dari beberapa dayah di Aceh. Di samping itu, untuk belajar Al-Qur’an secara khusus kita mendatangkan salah satu hafidz,” katanya.

“Juga ada pengajian umum selepas shalat jama’ah maghrib bagi semua siswa. Setidaknya dengan pelajaran keagamaan begitu rupa, kita membekali lulusan sekolah ini sebagai SDM yang mempunyai kualitas tinggi bidang penerbangan tapi juga mempunyai dasar keislaman yang kuat,” sambung Waka Bidang Kesiswaan ini lagi, diiringi sayup-sayup nyanyian ala militer sekelompok siswa yang sedang melakukan kegiatan luar kelas siang itu.

http://www.atjehpost.com

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

One Response to SMKN Penerbangan Aceh Wisuda Lulusan Angkatan Pertama

  1. muhammad96 mengatakan:

    salam kenal pada kami dari http://www.cvhasankonveksi.com klo mau membutuhkan kaos olah raga bisa hubungi kami di tlp.081332031993/081559943463. pin BB 525FB48A

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: