Pemko Sediakan Tiga Bus Gratis

dishubkominfoBANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menyediakan tiga bus angkutan kota, yang bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Bus yang khusus melayani rute Terminal Keudah hingga Terminal Batoh ini, sudah dioperasikan mulai 1 Januari 2014.

Demikian disampaikan Kadishubkominfo Kota Banda Aceh, Drs Muzakir MSi dalam konferensi pers, Kamis (2/1) sore. Menurutnya, bus tersebut berkapasitas 25 tempat duduk (seat). Ketiga bus ini beroperasi secara bergantian setiap hari, termasuk hari libur. Jadwalnya, mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB.

“Untuk menandai bus ini, di semua sisi ada tulisan angkutan kota gratis. Bus ini dua unit warna kuning dan satu lagi warna abu-abu,” kata Muzakir. Ia menambahkan, semua yang berkenaan dengan operasional armada tersebut ditanggulangi sepenuhnya oleh Dishubkominfo Banda Aceh. Mulai honor sopir, bahan bakar minyak (BBM), perawatan dan pemeliharaan.

Sedangkan jalur yang dilintasi bus gratis tersebut yaitu, dari Terminal Keudah ke Jalan Cut Mutia lalu ke Jalan Diponegoro, masuk ke Jalan STA Mahmudsyah dan ke Jalan Tgk Chik Ditiro hingga Simpang Surabaya, lalu masuk ke Jalan Mr Muhammad Hasan sampai Terminal Batoh.

Sedangkan dari Terminal Batoh, bus ini akan melewati Jalan Mr Muhammad Hasan, lalu ke Jalan Tgk Chik Ditiro, Jalan Mohd Jam, Jalan KH Ahmad Dahlan dan masuk ke Terminal Keudah.

Muzakir didampingi sekretarisnya, Bustami SH menambahkan, mulai tahun ini pihkanya juga sudah memasang rambu-rambu larangan masuk bagi truk dengan muatan diatas 5.150 kilogram. Ini dilakukan seiring selesainya fasilitas terminal mobil barang di Santan, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, berupa gudang dan hanggar.

Selain itu, mulai tahun ini pula gedung pengujian kendaraan bermotor yang sebelumnya berada di Kantor Dishubkominfo kawasan Prada, dipidahkan ke gedung baru di areal Terminal Batoh. “Kami sudah menyurati semua pengusaha angkutan bahwa mulai 30 Desember 2013, gedung pengunjian telah pindah ke areal Terminal Batoh,” demikian Muzakir.

Dishubkominfo Banda Aceh juga sudah memasang pengeras suara bantuan Dishubkomintel Aceh, di 11 persimpangan, dan memasang CCTV di 14 titik. Selain itu, pihaknya juga sudah menyelesaikan pembukaan 11 media jalan khusus untuk jalur evakuasi. Di median jalan tersebut juga telah dipasangi rambu-rambu bertuliskan ‘Dibuka saat evakuasi bencana’.

Selain itu, pihaknya juga merealisasikan penyediaan interkoneksi yang baru dilakukan 6 SKPD Banda Aceh, yakni Dishubkominfo, Dinkes, Disdikpora, Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3), dan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP). Juga diaktifkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). PPID ini akan mengakses apapun informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Hadir dalam konferensi pers itu, Kabid LLAJ M Zubir SSiT MSi, Kabid PSI T Taufik Mauliansyah SSiT MSi, Kabid LLAS & P Drs Iskandar, Kabid Perparkiran Subhan SE dan Kabid Komtel Jailani SSos.(mir)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: