Peringatan HUT Damkar ke 95

HUT.DAMKARBanda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh bersama Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memperingati HUT Pemadam Kebakaran yang ke 95. Peringatan Hari jadi Damkar ini diperingati dalam bentuk upacara dan simulasi yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu (1/3/14).

Setelah upacara berlansung, BPBD Banda Aceh melakukan simulasi pemadaman api dengan menggerahkan beberapa unit mobil Damkar dan melibatkan puluhan personil BPBD Banda Aceh. Tampak puluhan personil yang dikenal dengan motto ‘Pantang pulang sebelum padam’ ini sangat cekatan melalukan proses pemadaman api dan menyelamatkan warga yang terperangkap di dalam rumah yang disiapkan untuk objek simulasi.

Aksi pemadaman yang dilakukan BPBD Banda Aceh ini menarik perhatian peserta upacara hingga masyarakat yang melintas di kawasan Blang Padang.

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Zulkifli Ahmad MM yang bertindak sebagai Inspektur upacara saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri mengatakan pelayan pemadam kebakaran yang dulu disebut Brandweer dikenal sejak tahun 1909, yang telah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat dalam bidang pemadam kebakaran dan melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainya dibumi nusantara.

“Sejarah mencatat tanggal 1 Maret ini, sebagai Hari Pemadam Kebakaran diamana pada waktu itu diawali pemberian plakat penghargaan, plakat tertulis pada ulang tahun ke 10 dari masyarakat Betawi, terhadap Brandweer Batavia pada tanggal 1 Maret 1919, Atas jasa perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam menyelamatkan korban jiwa dan kerugian harta benda pada kejadian kebakaran besar di Kampung Melayu. Tepatnya di pasar Mester Jatinegara dan Kampung Melayu,” katanya melanjutkan pidato Gammawan Fauzi.

Katanya lagi, peringatan upacara hari ini dan sebagai bentuk apresiasi sekaligus gerakan seruan kepada seluruh anak bangsa, agar bersama mencegah kebakaran dan pencemaran asap untuk menjaga tetap tumbuh dan berkembangnya perekonomian rakyat Indonesia, serta mendukung gerakan penurunan emisi gas rumah kaca agar kualitas lingkungan hidup tetap terjaga.

Selain anggota Pemadam Kebakaran, turut hadir sebagai peserta upacara, relawan PMI, TNI, Polri, Tagana, Satpol PP dan WH, para PNS Kota Banda Aceh serta para pelajar. Sementara dikalangan pejabat, tampak hadir Kadisbudpar Aceh Drs Reza Fahlevi, Kepala BPBD Banda Aceh Samsul Bahri, para Kepala SKPA dan para Kepala SKPD jajaran Pemko Banda Aceh. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/

Iklan

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: