Disdukcapil Buka Antrean Online

Urus KTP/KK dan Lainnya, Tentukan Sendiri Jadwalnya

balaikota banda acehBANDA ACEH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banda Aceh, menyediakan layanan antrean online bagi masyarakat yang ingin mengurus berbagai administrasi kependudukan seperti e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Kematian, Akta Pernikahan dan surat-surat lainnya.

Dengan adanya layanan ini, masyarakat bisa mengakses nomor antrean langsung dari rumah atau kantor tanpa harus antre berlama-lama di Kantor Disdukcapil. Pada nomor antrean juga sudah tertulis pukul berapa Anda akan dilayani. Masyarakat juga bisa menentukan sendiri, mau mengurus keperluannya pada pagi atau siang hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Banda Aceh, Drs T Samsuar MSi kepada Serambi, Kamis (20/3) mengatakan, layanan ini dibuka untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki mobilitas atau kesibukan yang tinggi, sekaligus bagian dari meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Samsuar menjelaskan, untuk mengambil nomor antrean online masyarakat dapat mengakses website resmi Disdukcapil Kota Banda Aceh, http://disdukcapil.bandaacehkota.go.id. Di halaman utama website tersebut akan muncul boks bertuliskan “Nomor Antrian Saat Ini” dan “Ambil Nomor”.

Samsuar menambahkan, dengan layanan ini juga memberi kemudahan bagi masyarakat untuk menentukan sendiri jadwal mengurus keperluannya. Karena layanan ini dibuka dua tahap, yaitu pagi mulai pukul 08.30-12.30 dan siang dibuka kembali mulai pukul 13.30-15.30 WIB.

“Selain tidak perlu antre lama-lama, dengan layanan antrean online ini, masyarakat juga bisa mengatur sendiri kapan mau datang untuk mengurus keperluannya ke Disdukcapil,” ujar Samsuar.

Menurut Samsuar, sejak dibukanya layanan antrean online ini pada 2 Januari 2014 lalu, setiap hari tercatat sekitar 15 orang yang menggunakan layanan tersebut. Meskipun layanan online ini memberi banyak kemudahan, tapi ada juga masyarakat yang mengambil nomor antrean secara manual dengan datang ke Disdukcapil.

“Antrean secara manual juga tidak lama. Namun melalui online ini dapat memberi kemudahan bagi masyarakat yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengambil nomor antrean di Disdukcapil,” demikian Samsuar.

Nomor antrean online dapat diakses di website resmi Disdukcapil Kota Banda Aceh di http://disdukcapil.bandaacehkota.go.id. Di halaman website ini akan muncul kotak bertuliskan “Ambil Nomor”. Kilk tulisan “Ambil Nomor” lalu akan muncul halaman baru, yaitu form yang berisi indentitas, NIK, alamat email dan lainnya.

Form ini harus diisi dengan lengkap dan benar, termasuk jenis layanan yang diinginkan. Pada item jenis layanan ini akan muncul tiga kategori, yaitu kependudukan, catatan sipil dan e-KTP. Pilih saja layanan sesuai yang Anda inginkan. Jika form tersebut sudah diisi dengan benar, klik “Ambil Nomor”, maka nomor antrean yang juga tertulis waktu pelayannya, akan muncul.

Menurut Kadisdukcapil Banda Aceh, T Samsuar, agar nomor antrean yang diperoleh tidak hilang, nomor tersebut juga secara otomatis dikirimkan ke alamat email yang telah diisi. Setelah itu, masyarakat yang sudah mendapatkan nomor antrean diharapkan tiba di Kantor Disdukcapil 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan dalam nomor antrean, agar tidak terlewatkan saat nomornya dipanggil petugas.

Setelah tiba di Discukcapil, silakan melapor ke tim verifikator yang berada di kantor dengan memberikan data nomor antrean online yang sudah dimiliki, serta memperlihatkan kartu identitas yang masih berlaku.(hs)

sumber : http://aceh.tribunnews.com

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

One Response to Disdukcapil Buka Antrean Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: