Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA) tingkat Kota Banda Aceh

IllizaSaaduddinDjamal10kBanda Aceh-Pemko Banda Aceh melalui Dinas Kelautan Perikanan & Pertanian Kota Banda Aceh menggelar Lomba Asah Terampil Petani Aceh (LAT-PA) tingkat Kota Banda Aceh yang digelar di halaman kantor DKPP Kota Banda Aceh di kawasan Gampong Pande Kecamatan Kutaraja, Selasa (1/4/2014).

Lomba Asah terampil yang populer di zaman presiden Soeharto tersebut kembali digiatkan oleh DKPP dengan tujuan agar pemahaman para petani tidak hanya soal cocok tanam saja, namun juga dapat memahami seluk beluk dan modernisasi ilmu pertanian yang terus berkembang.

Plh Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE sangat menyambut baik terhadap lomba asah terampil yang digelar DKPP bagi para petani tersebut. Menurutnya Lomba tersebut bukan bermanfaat bagi para petani saja namun juga bermanfaat bagi para penyuluh. Dengan berkembangnya teknologi pertanian yang begitu pesat sekarang ini para penyuluh juga harus mampu menguasai modernisasi pertanian itu.

Disaat yang sama Illiza juga mengimbau dan mengajak seluruh warga Kota Banda Aceh untuk dapat menanam satu pohon satu orang di pekarangan rumah masing-masing. Maka dengan demikian walaupun  Kondisi Kota Banda Aceh minim lahan, namun dapat tercover dengan adanya kesadaran masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan masing-masing.

Disampaikannya pula bahwa salah ciri warga kota madani ditandai dengan kecintaan terhadap sesama makhluk Allah seperti tumbuh tumbuhan.

“merawat dan memelihara tumbuhan adalah bentuk masyarakat madani juga,” ungkap Illiza.

Namun ketika ditanya soal maraknya alat peraga kampanye caleg yang memaku posternya di pohon-pohon yang ada, Illiza mengaku prihatin akan kondisi tersebut. Menurutnya masih ada caleg yang belum memiliki kepedulian dan kasih sayang terhadap pohon-pohon yang ada.

Sebelumnya Kadis DKPP Kota Banda Aceh Bachtiar S.Sos dalam laporannya meyampaikan kegiatan lomba terlaksana berkat kerjasama DKPP Kota Banda Aceh dengan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Aceh, dimana pada 2014 melaksanakan  satu program dalam rangka memberdayakan kembali potensi pertanian dan sekaligus memberi motivasi bagi petani.

Bachtiar menjelaskan Lomba asah terampil tingkat Kota Banda Aceh diikuti oleh 9 kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh. Para peserta lomba didominasi oleh kaum perempuan karena mayoritas petani di Kota Banda Aceh adalah kaum perempuan. Dijelaskannya untuk tahun 2015 DKPP Kota Banda Aceh akan mencanangkan program Kota Banda Aceh hijau 2015 yang ditandai dengan menanami pohon-pohon yang ada di sekitar pekarangan rumah minimal satu pohon saja.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Aceh, Para kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh, para petani dan peserta lomba asah terampil. (Trz)

sumber : http://www.bandaacehkota.go.id

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: