HUT Kota Banda Aceh ke 809

logo hut kota 809

Plh Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE mengungkapkan sederet prestasi yang telah diraih Kota Banda Aceh selama dirinya memimpin bersama Almarhum Mawardy Nurdin. Hal ini disampaikan dalam sambutan resminya didepan anggota DPRK saat sidang Paripurna Istimewa DPRK Banda Aceh dengan agenda memperingati HUT Kota Banda Aceh yang ke 809, Selasa (21/4/14) di gedung DPRK, Banda Aceh.

Pada sidang yang dipimpin Ketua DPRK Yudi Kurnia SE, Illiza mengatakan diawal kepemimpinannya bersama Mawardy, pada 2007 hingga 2012, Pemerintah Kota Banda Aceh telah membenahi sisi birokrasi yang sebelumnya tidak berjalan optimal. Kerja sama Pemerintah Kota Banda Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh juga semakin terasa lebih baik pada periode 2009-2014. Pada masa-masa ini, Pemerintah Kota Banda Aceh mendapatkan sejumlah penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Alhamdulillah tidak kurang dari 40 penghargaan yang kita raih sejak 2007 lalu, antara lain, Piala Citra Pelayanan Prima, Investment Award, Innovative Government Award, Predikat Wajar Tanpa Pengecualian 5 kali berturut-turut dari BPK, 4 kali meraih Piala Adipura, Penghargaan LAKIP tepat waktu dan Piala Wahana Tata Nugraha” ungkap Illiza.

Keberhasilan ini, lanjut Illiza, tidak terlepas dari keberhasilan menanamkan pemahaman ‘Kerja keras, kerja cerdas yang penuh keikhlasan adalah kunci dari keberhasilan yang dicapai’ kepada seluruh pegawai di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh.

Dibidang penerpan Syariat Islam, penerus estafet Mawardy Nurdin ini memaparkan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh mencoba membangun sebuah konsep kota yang madani, kota yang tidak hanya menawarkan kemuliaan hidup di dunia, namun juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk menjalankan syariat Islam dengan nyaman. Tempat generasi muda Islam bersemi dan mengembangkan diri, sehingga kelak mereka akan menjadi pembawa perubahan, tidak hanya bagi Banda Aceh dan Aceh secara keseluruhan, namun juga menjadi generasi yang mengawal perubahan negeri ini menjadi lebih baik.

“Memang hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Syariat Islam adalah sesuatu yang harus kita perjuangkan bersama-sama. Saat ini, kita berhadapan dengan musuh yang tak tampak. Tayangan televisi, internet dan pergaulan bebas, menawarkan sesuatu yang lebih menarik bagi mereka yang tidak mengetahui dampak buruknya. Sudah selayaknya kita memberi teladan kepada masyarakat. Dengan kekuatan amanah yang diberikan Allah SWT, kita harus mampu melindungi seluruh masyarakat dari kehancuran terselubung. Kehancuran yang datang lewat dekadensi moral” ujar Illiza.

“Salah satu metode yang kami laksanakan adalah dengan dakwah, Sejak tahun lalu, Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh telah menjalankan program Dakwah Umum Jumatan di Taman Sari. Kami sengaja mengundang para dai dari berbagai daerah untuk lebih menarik minat masyarakat datang dan mendengarkan ceramah” sambungnya.

Selain itu, tambah Illiza, Pemko juga telah membuat program branding kota madani di media cetak dan elektronik, publikasi dan penyebarluasan informasi tentang syariat islam melalui tabloid Banda Aceh Madani, tabloid Warta Banda Aceh, Buletin Iqra dan dakwah oleh da’i perkotaan di gampong-gampong serta pembentukan dan penguatan lembaga dakwah sekolah dengan program andalan One Day One Juz (ODOJ).

Ada beberapa keberjasilan bidang lain juga yang disampaikan Illiza pada sidang Istimewa ini, diantaranya bidang tata kelola pemerintahan dengan yang mengedepankan sisi reformasi birokrasi, keberhasilan bidang kesehatan, pelayanan publik, penertiban kota dan lainnya.

Turut hadir pada sidang Istimewa paripurna ini, Sekda Kota Banda Aceh Drs T Saifuddin TA, Muspida Plus Kota Banda Aceh, para Kepala SKPD dan tamu dari Malaysia Syeikh DR Ismail bin Haji Kasim.(Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/

BANDA ACEH EXPO 2014

Ribuan warga kota Banda Aceh memadati arena lokasi Banda Aceh Expo 2014 yang dipusatkan di Taman sari. Tampak warga mulai dari dewasa, remaja dan anak-anak relas berdesakan untuk melihat berbagai produk yang ditampilkan pada stand-stand pameran di Banda Aceh Expo ini.

Pameran yang sudah menjadi kalender tahunan Pemko Banda Aceh ini dibuka oleh Plh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Senin malam (21/4/14) di Taman Sari.

Dalam sambutannya, Illiza mengatakan ajang ini merupakan ajang untuk menampilkan hasil karya dan seni budaya warga ke luar Banda Aceh, baik nasional maupun internasional.

“Setiap tahun kita gelar dan bertepatan dengan moment HUT Kota Banda Aceh. Semoga kegiatan ini nantinya mampu meningkatkan taraf ekonomi para pengrajin lokal kita” harap Illiza.

Sesuai dengan laporan dari Ketua panitia, Dody Haekal S Stp, kegiatan ini merupakan pameran terpadu yang meliputi pameran layanan publik, investasi dan potensi daerah, industri kreatif, produk unggulan UKM, wisata dan budaya, kerjinan serta pameran produk/jasa lainnya.

“Peserta Banda Aceh Expo ini berasal dari pelaku usaha perdagangan, industri dan pariwisata, sektor publik, mitra binaan, jajaran SKPD Pemko serta organisasi dan lembaga lainnya” jelas Dody yang juga Kabis Sejarah dan Budaya Disbudpar Kota Banda Aceh ini.

Ajang ini akan berlansung selama 7 hari, dimulai dari tanggal 21 s/d 27 Apri 2014.

Tambah Dody, adapun rangkaian kegiatan pada Banda Aceh Expo ini, diantaranya pameran hasil kerajinan dan hasil karya seni dan budaya, perlombaan dan festival seni budaya, panggung hiburan rakyat, penampilan atraksi seni budaya dan ceramah agama. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id

Aceh Cloud and Mobile Gaming (ACMG) 2014

Banda Aceh-Plh. Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE begitu terpana melihat kehandalan para remaja IT yang mengikuti training boot camp mobile gaming dalam empat hari sudah bisa menciptakan game sendiri. Demikian salah satu inti dari sambutannya saat menghadiri penutupan Aceh Cloud and Mobile Gaming (ACMG) 2014 di aula gedung A Balaikota Banda Aceh, Minggu (20/4) sore.

Pujian demi pujian pun mengalir dari bibir Illiza karena ia begitu bangga dan bersyukur atas keberhasilan para trainer mentraining mereka hingga dapat menciptakan game-game yang sangat atraktif terutama pada sekumpulan anak muda yang tergabung dalam grup Cempala dan Lada Sicupak. ” Saya sangat bersyukur karena ternyata kemampuan anak-anak Kota Banda Aceh sangat luar biasa, kreatifitas kalian murni tidak ada ciplakan, sungguh luar biasa,” puji Illiza.

Pun demikian Illiza juga menitipkan beberapa pesan kepada para remaja tersebut agar disela-sela kesibukan dalam menciptakan game juga harus diselipkan pesan dakwah dalam game tersebut. ” Usia muda adalah usia kreatif, pergunakan masa muda dengan sebaik-baiknya, berbuatlah demi menyelamatkan generasi selanjutnya,” ujar Illiza.

Dengan demikian ujarnya pula dengan sendirinya di Kota Banda Aceh akan tercipta sosok-sosok remaja digital madani yang mampu memanfaatkan teknologi namun berhati syariat. ” Jadilah sosok digital madani yang terbiasa ber IT secara sehat, positif dan bertangung jawab,” pesan Illiza.

Sebelumnya Kabag Administrasi Pembangunan, Maulidar dalam laporannya menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan kerjasama antara bagian Administrasi Pembangunan Pemko Banda Aceh dengan Binus International dalam waktu yang sangat singkat selama empat hari 54 remaja telah dapat menghasilkan aplikasi game yang spektakuler.

Disampaikannya ke 54 peserta trainng tersebut pada dasarnya sudah memiliki dasar IT yang sangat memadai untuk dapat menyelesaikan sebuah aplikasi game tersebut. Ia menjelaskan dari 54 peserta tersebut mereka di bagi ke dalam 27 tim dan nantinya akan mendemokan aplikasi game online hasil ciptaannya kepada dewan juri.

Selain melakukan training membuat game, Panitia juga mengarahkan para peserta agar dapat menjadi seorang technopreneur yang handal di bidangnya seperti yang tertera pada tema “menjadi technopreneur di Industri oline dan Mobile Gaming”. Diinformasikan pula bahwa aplikasi game online yang telah mereka cipta, nantinya akan dikompetiskan oleh Pemko Banda Aceh melalui ajang bertajuk ” Banda Aceh Digital Madani Award” yang rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2014 mendatang. Dalam kesempatan tersebut Plh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal, SE menghaturkan apresiasi dengan meyerahkan piagam penghargaan kepada para trainer. (Trz)

http://www.bandaacehkota.go.id

HUT Kota bersama 1000 Anak Yatim

seribu.RZBanda Aceh – Plh Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE memimpin ikrar hidup sehat dan menjadikan Banda Aceh sebagai kota madani yang diucapkan bersama 1000-an anak yatim. Ikrar ini dilakukan saat Pemko Banda Aceh dan Rumah Zakat menggelar acara peringatan HUT Kota Banda Aceh bersama 1000 anak yatim binaan Rumah Zakat, Minggu (20/4/14) di Taman Sari, Banda Aceh.

Saat Illiza membacakan ikrar dipanggung, 1000-an anak yatim yang berada didepannya berdiri dan mengikuti kata-kata ikrar yang dipandu Walikota dengan sangat khidmat.

Berikut isi dari 6 poin ikrar hidup sehat dan menjadikan Banda Aceh sebgai kota madani;

1. Akan selalu menjaga shalat Lima waktu.

2. Akan selalu menghormati orang tua dan menyayangi sesama.

3. Akan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat.

4. Akan selalu menjaga kelestarian lingkungan.

5. Peduli dengan merawat lingkungan dimanapun kami berada.

6. Akan selalu meletakkan sampah pada tempatnya serta mendaur ulangnya.

Pada kesempatan tersebut, Illiza juga menyerahkan bantuan beasiswa secara simbolis untuk 1000 anak yatim. Untuk katagori Sekolah Dasar, beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan Peduli Pendidikan ini diberikan sejumlah 1.800.000/tahun/siswa. Untuk katagori Sekolah Lanjutan Pertama juga diberikan 1.800.000, dan untuk katagori Sekolah Lanjutan Atas diberikan 2.400.000 serta untuk katagori Perguruan Tinggi juga diberikan 2.400.000.

Selanjutnya, 1000 anak yatim ini juga diberikan beasiswa dari Rumah Zakat. Beasiswa ini diserahkan Illiza bersama Anggota DPR-RI Nasir Djamil dan Darwati A Gani.

Kegiatan HUT Kota bersama 1000 anak yatim ini juga dirangkai dengan berbagai macam kegiatan lainnya, yakni lomba mewarnai, donor darah, cek kesehatan gratis, lomba rangking 1 dan aneka kegiatan lainnya.

Walikota saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa Pemko Banda Aceh sangat komit memberikan perhatian kepada anak yatim. Katanya, memelihara anak yatim adalah tugas Pemerintah dan semua pihak lainnya.

“Kemarin, Pemko bekerjasama dengan Islamic Development Bank (IDB) telah membebaskan lahan untuk dibangun fasilitas penginapan dan convention serta fasilitas pelengkap lainnya. hasil dari keberadaan gedung ini nantinya akan membiayai 6000 anak yatim, termasuk anak yatim di Rumah Zakat” ujar Illiza. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/

JALAN SANTAI HUT KOTA

jalan.santaiBanda Aceh – Ribuan warga kota Banda Aceh mengikuti jalan santai yang digelar Pemko Banda Aceh. Jalan santai dalam rangka memperingatai HUT Kota Banda Aceh yang ke-809 ini dilepas Plh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Minggu (20/4/14) di Lapangan Blang Padang.

Sebelum melepas start, Illiza mengatakan jalan santai yang digelar ini bukan hanya sebatas olahraga bagi warga, namun merupakan moment untuk memupuk rasa kebersamaan dan semangat warga dalam mewujudkan misi kota Banda Aceh sengai model kota madani.

Lanjut Illiza, HUT Kota yang akan diperingati pada tangga 22 April nanti bertepatan dengan peringatan Hari Bumi. Terkait hal ini, Illiza meminta warga kota untuk lebih mencintai lingkungan sekitar.

Jalan santai ini dilepas dala Dua season, setelah dilepas Illiza pada season pertama, season ke Dua dilepas oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Yudi Kurnia SE. Tampak ribuan warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mulai dari masyarakat biasa, pelajar, mahasiswa, unsur pemuda hingga para penyandang disabilitas ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Untuk memeriahkan acara ini, Disdikpora Banda Aceh selaku panitia menyediakan Ratusan doorprize untuk para peserta. Wargapun berkesempatan mendapatkan hadiah berupa sepeda, kulkas, televisi, kipas angin dan berbagai jenis doorprize lainnya. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id

Lomba Kelompok Informasi Gampong (KIG)

Banda Aceh-Bangkitnya aneka lomba asah terampil yang digelar Pemko Banda Aceh di tahun 2014 ini digelar agar segala informasi yang ditelurkan baik oleh pemko maupun pusat agar tersalurkan ke masyarakat. Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Pemko Banda Aceh M Nurdin S.Sos pada acara Lomba Kelompok Informasi Gampong (KIG) tahun 2014 di Taman Sari Rabu (23/4).

 Disampaikan Nurdin bahwa kehadiran KIG tersebut memiliki peran strategis dalam upaya menjawab tantangan adanya masyarakat gaptek di tingkat gampong.

 Nurdin meminta KIG yang tumbuh di tengah-tengah gampong di Kota Banda Aceh juga diharapkan berperan menjadi fasilitator menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi antara pemerintah dengan masyarakat.

 “Mari kita jadikan KIG sebagai agen informasi sehingga dapat mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat,” ujar Nurdin.

 Lebih lanjut Nurdin mengatakan keberadaan kelompok ini sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Banda Aceh di tingkat gampong, sehingga segala produk yang ditelurkan Pemko Banda Aceh dapat mereka sosalisasikan di tingkat gampong.

Sebelumnya Kepala Dishubkominfo Kota Banda Aceh, Drs Muzakir Tulot kepada pers mengatakan lomba yang digelar pihaknya tersebut bertujuan agar segala produk dan informasi penting pusat maupun pemko dapat dikuasai dan selanjutnya disampaikan ke masyarakat sekitar

 Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut HUT Kota Banda Aceh ke 809 juga bertujuan menghidupkan kembali lomba cerdas cermat ala asah terampil alias kelompencapir. Lomba tersebut dikuti oleh sembilan kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh menghadirkan 3 peserta mewakili kecamatannya masing-masing dengan total 27 peserta.

 Para peserta lomba KIG tesebut sebelumnya telah dilakukan pembinaan selama beberapa hari yang akhirnya diperlombakan. Materi yang diuji beraneka ragam mulai dari undang-undang/qanun Kota Banda Aceh, informasi lalu lintas, Informasi teknologi informatika dan sebagainya, berlangsung selama satu hari menghadirkan dewan juri dari pemko banda aceh seperti Zahrol Fajri, Sanusi Saleh, dan Cut Safarina (Trz)  http://www.bandaacehkota.go.id

Kecamatan Ulee Kareng keluar sebagai juara pertama pada lomba asah terampil antar Kelompok Informasi Gampong (KIG) yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Banda Aceh dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banda Aceh yang ke-809 di Taman Sari, Rabu (23/4/2014).

Lomba asah terampil tersebut diikuti sembilan perwakilan kecamatan se-Kota Banda Aceh. Kecamatan Ule Kareng keluar sebagai juara pertama dengan memperoleh skor 1050, disusul juara II dari Kecamatan Syiah Kuala dengan nilai 1000 dan juara III diperoleh Kecamatan Kuta Alam dengan skor 900.

Juara I lomba KIG tahun 2014 berhak mendapatkan hadiah  Rp 2.000.000, juara II Rp 1.500.000 dan juara III Rp 1.000.000, serta berbagai hadiah doorprize lainnya.

Sekretaris Dishubkominfo Kota Banda Aceh, Bustami SH, dalam sambutannya mengatakan, kesembilan kelompok tersebut merupakan masyarakat binaan Dishubkominfo tahun 2014. “Mereka sebelumnya sudah dibekali berbagai informasi yang bertujuan menjadi mediator penyebar informasi ke tingkat gampong di kecamatan masing-masing.”

“Tujuan lomba tersebut diadakan juga untuk memudahkan koordinasi dan pembentukan jaringan KIG, sehingga penyaluran informasi yang bersifat lokal maupun nasional kepada masyarakat tersampaikan dengan baik,” ujar Bustami.

Lomba KIG itu sendiri dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Pemko Banda Aceh M Nurdin SSos. Dalam sambutannya ia menyampaikan, keberadaan kelompok ini sebagai mitra kerja pemerintah di tingkat gampong, sehingga segala program yang digagas Pemko Banda Aceh dapat tersosalisasi dengan baik kepada masyarakat.

“Kita berharap peran mereka menjadi fasilitator menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi antara pemerintah dengan masyarakat,” tutupnya. (sp) atjehlink.com

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: