Pelantikan Walikota Banda Aceh

Lantik Walikota, Gubernur Sampaikan Tujuh PesanBanda Aceh – Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah meminta Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE untuk melanjutkan program kerja yang telah direncanakan oleh Almarhum Ir. H. Mawardy Nurdin, M.Eng Sc. Selain itu, Gubernur juga memberi enam tugas berat yang harus dikerjakannya.

“Saya memberikan apresiasi bahwa di masa kepemimpinan almarhum Mawardy Nurdin dan Saudari Illiza, Kota Banda Aceh menunjukkan perkembangan pembangunan infrastruktur dan penataan ruang yang sangat baik. Untuk itu ke depan, Saudari Wali Kota yang baru kami lantik harus bisa melanjutkannya ke arah yang lebih baik lagi,” Kata Zaini Abdullah pada pengambilan Sumpah dan Pelantikan Illiza Sa’aduddin Djamal, SE sebagai Walikota Banda Aceh untuk sisa masa jabatan tahun 2012-2017, Senin (16/6) di Gedung DPRK Banda Aceh.

Dalam pelantikan tersebut, secara khusus Gubernur Aceh menyampaikan beberapa pesan kepada Walikota Banda Aceh yang baru dilantik diantaranya: Pertama, meningkatkan kreativitas guna meningkatkan pembangunan yang pro pertumbuhan, pro lapangan kerja, dan pro penurunan kemiskinan. Arah kebijakan pembangunan yang dirancang harus mampu menggerakkan potensi sumberdaya manusia di daerah ini, menjadikan gampong sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Kedua, lanjut Zaini, kembangkan citra positif organisasi Pemerintah, sehingga masyarakat percaya dan mau berperan aktif membangun Kota Banda Aceh yang lebih maju dan mandiri dalam upaya mewujudkan Banda Aceh sebagai model Kota Madani. memperkokoh jalinan kerja yang solid dan sinergis dalam mewujudkan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik, seperti keterbukaan, bebas dari praktek korupsi, akuntabel dan tertib administrasi dalam segala hal.

Ketiga, dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih dan transparan, Zaini mengimbau Walikota untuk melanjutkan semangat reformasi birokrasi yang sudah berjalan di daerah ini, membangun komunikasi efektif dan harmonis dengan legislative, terus meningkatkan kapasitas aparatur. Jangan sampai ada pengangkatan Pejabat di lingkungan SKPK atas dasar hubungan personal, tapi Zaini meminta agar mengangkat mereka yang memiliki kapabilitas dan kompetensi sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Keempat, Walikota harus mampu meningkatkan sejumlah terobosan yang telah dicapai sebelumnya. Sebagai contoh, tata ruang dan pelayanan publik Kota Banda Aceh telah mendapat pengakuan dan penghargaan nasional sebagai salah satu yang terbaik. Ke depan, hal ini diharapkan dapat lebih ditingkatkan.

Kelima, potensi pariwisata Kota Banda Aceh pasca tsunami juga menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Infrastruktur pendukung pariwisata juga telah berkembang seiring meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara ke Banda Aceh. Zaini berharap semua ini digerakkan lebih aktif dan dijalin kerjasama dengan kabupaten/kota tetangga, antara lain Sabang dan Aceh Besar serta jalinan dengan kota di seberang, Malaysia dan Thailand serta negara-negara lain, sehingga mampu menunjang terbukanya investasi modern di kawasan ini. Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan untuk kegiatan tersebut.

Keenam, Gubernur mengingatkan, dalam menyongsong Pemilu Presiden yang sudah sangat dekat, sebagai Kepala Pemerintah di Kota Banda Aceh, Zaini meminta Illiza berupaya mensukseskan pesta demokrasi itu dengan sebaik-baiknya. Walikota harus mampu mengarahkan seluruh komponen birokrasi di Pemerintah Kota Banda Aceh agar menjaga netralitas dalam menyikapi Pemilu tersebut. Kesuksesan Pemilu legislatif di Kota ini beberapa waktu lalu,kata Zaini, harus dicapai pula pada Pemilu Presiden mendatang.

Ketujuh, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, selain sebagai Kepala Pemerintah di tingkat Provinsi, Gubernur juga merupakan Wakil Pemerintah Pusat di daerah. Gubernur memiliki tugas melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan di daerah. Sehubungan dengan itu, Zaini berharap Walikota bisa membina komunikasi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Aceh sehingga kita bisa mensinergikan pembangunan Aceh dengan lebih baik. (MA)

http://www.bandaacehkota.go.id/

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: