Beasiswa Baitul Mal Kota Banda Aceh 2014

Banda Aceh – Sebanyak 3.966 siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Banda Aceh menerima beasiswa miskin dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Beasiswa ini diserahkan secara simbolis oleh Staf Ahli bidang pembangunan Drs M Ridha MM,  di SMAN 4 Banda Aceh, Jalan P Nyak Makam, Lampineung, Banda Aceh.

Beasiswa yang diserahkan berrvariasi, untuk tingkat SD/sederajat diberikan Rp 400.000 persiswa dengan jumlah penerima mencapai 1.837 siswa. Untuk tingkat SMP/sederajat diberikan Rp 450.000 dengan jumlah penerima 1.029 siswa. Sementar untuk tingkat SMA/sederajat diberikan Rp 500.000 persiswa dengan jumlah penerima sebanyak 1.100 orang.

Total penyaluran zakat untuk beasiswa biasa ini seluruhnya mencapai Rp 1.747.850.000.

Lanjutnya, beasiswa yang diserahkan pihaknya dibagi dalam lima katagori, yakni beasiswa biasa, beasiswa setengah penuh, beasiswa penuh, beasiswa santrisalafi dan beasiswa muallaf.

“Beasiswa setengah penuh kita peruntukkan bagi siswa miskin yang di data langsung dari kampung dalam Kota Banda Aceh sementara sekolahnya tidak ditentukan. Masing-masing siswa memperoleh Rp 300.000 perbulan 3 tahun dari kelas 1 hingga tamat SMP/Sederajat. Beasiswa telah mulai kita disalurkan dari tahun 2012. Hinga tahun 2014 ini penerimanya sudah mencapai 400 siswa”

Untuk Beasiwa Penuh, lanjut Safwani, adalah program Tahfiz quran diperuntukkan bagi siswa miskin yang telah di data oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh, setelah melalui tahap seleksi dan dinyatakan lulus pada Madrasah Ulumul Quran Pagar Air Aceh Besar.  Beasiswa yang diperoleh meliputi biaya pendaftaran, biaya makan, biaya pemondokan dan biaya pendidikan terhitung sejak pendaftaran hingga tamat MTsN. Beasiswa Penuh mulai disalurkan sejak tahun 2011 dengan besaran berkisar Rp 800.000, hingga Rp 850.000 perbulan.

Sedangkan Beasiswa Santri Salafi, dimulai pada tahun 2013 dan dilanjutkan pada tahun 2014 telah diserahkan kepada 39 orang santri yang mondok di pesantren Mudi Mesra Samalanga dan Darussalam Labuhan Haji masing-masing Rp 500.000 perbulan.

“Dan yang terakhir ialah Beasiswa Santri Muallaf, diterima oleh 2 orang muallaf masing-masing Rp. 500.000 perbulan, program ini dimulai tahun 2014” tambah Safwani. (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: