Sertifikat ISO 9000;2008 untuk Pelayanan Kartu AK-1 Dinsosonaker Banda Aceh

Jakarta – Satu lagi prestasi diraih Pemerintah Kota Banda Aceh di akhir tahun 2014, kali ini Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh ditetapkan sebagai salah satu pilot project untuk pelaksanaan ISO 9001:2008 pada pelayanan penerbitan kartu AK-I (kartu kuning) atau yang sering disebut kartu pencari kerja.

Sertifikat standar internasional ini ini diserahkan langsung olehMenakertrans RI Hanif Dhakiri kepada Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal SE, Kamis (4/12) saat membuka Expo Kemenakertrans tahun 2014, yang digelar dihalaman kantor kementerin Tenaga kerja dan Transmigarsi Jl Gatot Subroto, Jakarta.

Selain Kota Banda Aceh, setifikat ISO 9001:2008 Sertifikat ini juga diserahkan kepada 12 Kabupaten/Kota lainnya, yakni, Pekanbaru, Lubuk Linggau, Palembang,  Boyolali, Magelang,  Yogyakarta, Kulonprogo, Gresik, Badung, Pontianak, Samarinda dan Gowa.

Wali Kota Banda Aceh ketika dimintai penjelasannya mengatakan sertifikat ISO 9001:2008 didapatkan setelah melewati proses yang sangat panjang dimana verifikasi dilakukan verifikasi oleh Tim dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI pada tahun 2013 ke kabupaten/kota se Indonesia yang memberikan pelayanan kartu pencari kerja AK-1 secara online.

“Dan Alhamdulillah, Kota Banda Aceh berhasil meraih sertifikat jaminan mutu ISO 9001:2008 ini bersama 12 Kab/Kota lainnya di Indonesia” ujar Illiza.

Lanjut Illiza, ISO 9001 versi 2008 adalah standar internasional yang diakui dunia untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM), dimana adanya standar pelayanan publik yang jelas pada pelayanan penerbitan Kartu AK-I yaitu dari proses pendaftaran, daftar ulang maupun pemberian informasi bagi pemohon pembuatan Kartu AK-I.

Post Auditing terhadap pelayanan penerbitan kartu AK-I telah dilakukan pada tgl  24 sampai dengan 25 November 2014 yang dilakukan oleh auditor independent dari  Badan sertifikasi National Quality Assurance (NQA)

Pembuatan kartu AK/1atau yang sering disebut kartu pencari kerja telah dilayani secara online dengan cara para pencari kerja tinggal mengirim data diri mereka lewat formulir di web kemudian mengambil kartu AK/1 pada hari berikutnya di kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Banda Aceh dengan membawa dokumen asli yang dibutuhkan untuk verifikasi data, seperti fotokopi KTP, fotokopi Ijazah dan pasfoto 3 X 4.  (Mkk)

http://www.bandaacehkota.go.id/b

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: