Penghargaan Langit Biru 2015

langit_baruJakarta – Banda Aceh termasuk dalam 15 kota dengan kualitas udara terbersih di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan penerimaan penghargaan tahunan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yakni program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) “Langit Biru” 2015.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya kepada Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, Kamis (17/12/2015) di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat.

Kota Banda Aceh menduduki peringkat tiga untuk kategori Kota Sedang/Kecil dengan skor indeks 72,78. Adapun indikator yang dinilah adalah uji petik emisi kendaraan bermotor, pemantauan kualitas udara jalan raya, pemantauan kualitas bahan bakar, dan pemantauan kinerja lalulintas (kecepatan dan kerapatan).

Sebelumnya, Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara, Subdit Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Bergerak KLHK telah melakukan penilaian terhadap  14  Kota Metropolitan, 15 Kota Besar dan 16 Kota Sedang Kecil se-Indonesia.

Program Langit Biru dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan dengan cara menurunkan beban pencemaran dari emisi transportasi di perkotaan di Indonesia. Tujuannya, mendorong pemerintah kota menerapkan kebijakan transportasi yang berkelanjutan.

Atas capaian prestasi ini, Wali Kota Illiza mengucapkan rasa syukurnya dan memohon doa serta dukungan dari masyarakat untuk terus dapat istiqomah dalam menjaga lingkungan yang baik.

“Kita bersyukur atas hasil yang baik untuk tetap dapat menjaga kualitas udara Kota Banda Aceh tercinta. Terima kasih untuk seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi secara aktif dan produktif dalam menjaga kota kita dari pencemaran udara.”

“Semoga kita semua senantiasa dicurahkan hidayah dan kemampuan untuk terus istiqomah memperhatikan lingkungan kita,” kata Illiza usai menerima penghargaan.

Ia juga berharap dengan adanya program Langit Biru ini, kualitas udara semakin baik di seluruh Indonesia. “Dengan program langit biru ini, semoga kita bisa lebih mereduksi emisi dari sektor transportasi melalui pemantauan dan pengawasan secara bersama dan melakukan berbagai upaya guna pengendalian pencemaran udara khususnya emisi,” pungkasnya.

Berikut 15 kota dengan kualitas udara paling bersih di Indonesia sebagai penerima penghargaan Langit Biru 2015:

Kategori Kota Metropolitan

  1. Palembang (skor indeks 78,50)
  2. Surabaya (75,78)
  3. Jakarta Pusat (70,27)
  4. Jakarta Selatan (69,11)
  5. Medan (68,82)

Kategori Kota Besar

  1. Tangerang Selatan (82,34)
  2. Pontianak (72,54)
  3. Balikpapan (71,63)
  4. Malang (67,79)
  5. Padang (65,08)

Kategori Kota Sedang/Kecil

  1. Ambon (77,58)
  2. Serang (74,95)
  3. Banda Aceh (72,78)
  4. Pangkal Pinang (72,01)
  5. Palu (71,18)

http://www.bandaacehkota.go.id

Perihal bpmkotabandaaceh
Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: